Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.

Buku Tarif Bea Masuk Indonesia 2010 a.k.a BTBMI

Bagi para importir pebisnis ataupun sekedar pembelanja, kalau minta paket/barang kita dikirim ke kampung halaman biasanya ada biaya penerimaannya. Jadi, jangan lega dulu kalau sudah bayar biaya pengiriman dari sono ke sini.

Dari info yang ada diberbagai forum diskusi(sini, sini, dan sini), sebuah paket yang masuk ke Indonesia (secara umum) akan dikenai bea masuk, PPN dan PPh. Bea masuk(0%, 5%, 15% dll tergantung jenis barang) akan menentukan berapa PPN dan PPhnya. Harga barang sendiri akan menentukan ketiganya. Yang paling penting, jika harga barang dibawah 50USD maka tidak akan dikenai pajak. Kalau anda dimintai biaya, hati-hati, minta tanda terima agar yakin itu bukan pungli.

Anyway, harga barang dari luar negeri biasanya punya 3 unsur didalamnya, C (cost ataw harga barang itself), I (insurance) dan F (freight alias ongkos kirim). Kalau di paket/barang tersebut harga/kwitansi yang mengandung CIF tadi tidak dicantumkan, maka petugas bea cukai Indonesia akan mengira-ngira sendiri harga barang berdasar…(maaf saya nggak tau dasarnya apa hehe).

Misal, saya pesan buku teks yang harganya dibawah USD 50, maka:

1. Lihat di BTBMI, buku pendidikan/educational buku termasuk yang tidak dikenai pajak masuk atau 0%, di bab 49.

2.Harga barang dibawah USD50, ngapain pusing liat BTBMI, harusnya gratis kok! hehe 😀

Now, misal saya pesan buku juga, tapi harganya 250$, sudah termasuk ongkos kirim. Misal, ongkos kirim 50$. insurance nggak ada (waks). Jadi, bea masuk Indonesia yang harus saya bayar karena saya beli buku demi kepentingan pendidikan bangsa dan negara ini :p adalah:

CIF=250. C=250-50=200.

1.Bea masuk, karena buku pendidikan=0%. jadi C*tarif bea masuk=200*0=0.

2.PPN dihitung dari ((C+bea masuk)*10%)=(200+0)*10%=20$

3.PPh dihitung sama spt PPN hanya pengalinya 7,5% jika pihak pengirim punya NPWP. Kalo nggak, berarti pengalinya 15%. Misalnya punya, dikasus ini akan menjadi (200+0)*7,5%=15$.   Psst, tanyakan ke bea cukai untuk keterangan lebih detail.

Total bea masuk yang harus saya bayar untuk membeli sebuah USD200 buku-demi-kepentingan-pendidikan-bangsa-dan-negara-ini :p adalah: bea masuk+ppn+pph. jadinya, 20+15=35$. tinggal kalikan dengan kurs saat kita disuruh membayar pajak-demi-kelangsungan-pembangunan-bangsa-dan-negara-ini. Okay!

Oh ya, daripada pusing biar nggak nyari lagi, BTBMI 2010 sudah saya taruh disini.

And dont forget, perhitungan di atas BARU untuk pajaknya saja. Belum jasa pengirimannya. Jasa penitipan barang biasanya masih mencharge lagi fee untuk handling, admin, advance, bank dan VAT 10%, yang saat ini (Oktober 2010) besarnya ditentukan sendiri oleh masing-masing perusahaan(!).

Okay, segini dulu. Selamat mengimpor barang!^^

postPS: the image are taken from here.

Post updated @2011, January 11:

PPS: I’m so sorry I can’t answer many questions you ask about tax. I only have experience with education-books tax. Nanti kalau jawab selain tentang buku malah sok teu hehe.