Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.

Digilife

Sekarang, eranya digital. Semua digitalisasikan. Dari pekerjaan kantor hingga kehidupan pribadi digitalisasikan. Mungkin cuma makan-minum aja yang belum bisa digital ;).

Anyway, penggunaan IT untuk memaksimalkan mutu, mengefisiensikan kinerja-waktu-biaya, dan banyak hal lain, sudah banyak sekali buktinya. Bagaimana nggak, dengan mendayagunakan IT untuk kehidupan sehari-hari, operasional, maka seluruh proses bisa terukur. Akuntabilitas jelas terjamin. Transparansi, check! Excutive report yang akurat dan cepat, check!


Contoh sebuah cerita sukses pemanfaatan TIΒ  terjadi di Bentoel, dimana laporan penjualan secara nasional yang dahulu baru bisa diakses oleh top manajemen dalam waktu sebulan, sekarang bisa diakses pukul 19 pada hari yang sama. Nggak heran Bentoel menjadi salah satu perusahaan yang memenangi e-company Award tahun 2009 dari Warta Ekonomi.

Itu, cerita manisnya. Cerita sedihnya? Ada lebih banyak lagi. Tapi tidak banyak yang tahu. Wajar dong, cerita sedih memang biasanya tidak diceritakan. Seperti pesan yang sering ditempel di tempat makan: Kalau Anda puas beritahu teman. Kalau anda tidak puas beritahu kami! πŸ˜‰

Salah satu yang kini makin terasa kebutuhan untuk diwujudkan adalah Paperless Office. Sungguh sebuah frasa yang indah, sexy πŸ˜‰ dan menjanjikan. Tapi mudahkah mewujudkannya?

Seperti jargon yang selalu disampaikan oleh Rhenald Kasali, change management haruslah ditangani dengan hati-hati. Perubahan seringkali sangat mendasar. Ini bukan hanya soal mengubah analog menjadi digital. Dari yang gaptek jadi canggih. Dari yang ndesani menjadi ngotani. Ini tentang perubahan perilaku. Perubahan sikap. Bahkan mungkin saja, perubahan sumber nafkah bagi yang terkait(eh ups :p). Sebuah perubahan budaya.

Harus ada agen-agen perubahan yang memperjuangkan proses perubahan ini dari awal sampai berhasil. Para martir πŸ˜‰ yang memang berjuang untuk institusi, bukan pribadi. Are we ready to change? Are we ready to be a change agent?


Harus siap dong!

Siaaaaaap, grak!

^^